Kegiatan Donor Darah

Kegiatan donor darah akan dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2022 di Kantor Kecamatan Paron bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Transfusi Darah Kabupaten Ngawi, PKK Kecamatan Paron, Puskesmas Paron dan Bank Jatim. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pada Peringatan Hari Ibu ke-94. Selain kegiatan Donor Darah, juga ada Senam Lansia, Pemeriksaan Kesehatan dan Pemberian Vaksin Booster.
Di tengah meningkatnya kebutuhan darah di Indonesia, tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah juga semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dari antusiasme para staf Kecamatan Paron dan warga masyarakat yang mendaftarkan diri mengikuti acara donor darah tersebut. Acara donor darah yang diselenggarakan oleh panitia dimulai pukul 08.00 WIB. Bapak Camat Paron berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan secara konsisten dan mudah-mudahan sedikit kepedulian ini dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, imbuhnya.
Menurut website PMI, mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali, akan membuat tubuh terpacu memproduksi sel-sel darah baru, sedangkan fungsi sel-sel darah merah adalah untuk oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian fungsi darah menjadi lebih baik sehingga donor menjadi sehat. Selain itu, kesehatan pendonor akan selalu terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan lewat darah.