Launching beras Super

Camat Paron, Arin Royanto, S.STP. memastikan sektor pertanian di Desa Semen tetap dipertahankan dan diperhatikan karena beras merupakan sumber pokok makanan dan merupakan ketahanan pangan. Hal tersebut disampaikan pada saat memberi sambutan acara Launching Beras Super Mekar. Penandatanganan dilakukan di Balai Desa Semen Kecamatan Paron, kamis (17/10/2024) pagi.
“Kami akan memprioritaskan sektor pertanian karena Desa Semen merupakan daerah lumbung padi yang sangat potensial,” kata camat Paron.
Selanjutnya beliau mengemukakan untuk senantiasa konsisten meningkatkan ekonomi masyarakat terutama di sektor pertanian. Industri beras memiliki pengaruh yang besar dalam bidang ekonomi (dalam hal penyerapan tenaga kerja, pertumbuhan dan dinamika ekonomi perdesaan), lingkungan (menjaga tata guna air dan kebersihan udara) dan sosial politik (sebagai perekat bangsa, mewujudkan ketertiban dan keamanan). Beras juga merupakan sumber utama pemenuhan gizi yang meliputi kalori, protein, lemak dan vitamin.
Dengan pertimbangan pentingnya beras tersebut, Pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan ketahanan pangan terutama yang bersumber dari peningkatan produksi dalam negeri. Pertimbangan tersebut menjadi semakin penting bagi Indonesia karena jumlah penduduknya semakin besar dengan sebaran populasi yang luas dan cakupan geografis yang tersebar. Untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduknya, Indonesia memerlukan ketersediaan pangan dalam jumlah mencukupi dan tersebar, yang memenuhi kecukupan konsumsi maupun stok nasional yang cukup sesuai persyaratan operasional logistik yang luas dan tersebar. Indonesia harus menjaga ketahanan pangannya.